Selasa, 14 Desember 2010

Melihat Lebih Dalam Macam Akses Data Jaringan GSM (Apa Itu GRPS/EDGE/UMTS/3G ?)


0
Bagi pengguna perangkat mobile yang berjalan pada jaringan GSM tentu sudah tak asing lagi dengan istilah seperti GRPS, EDGE, UMTS, ataupun 3G. Bagaimana tidak? Karena istilah tersebut berhubungan erat dengan akses data jaringan yang didukung oleh perangkat mobile yang bersangkutan. Biasanya istilah itu tercantum pada buku manual yang disertakan.


Nah, bagi yang masih bingung apa itu GRPS, EDGE, UMTS dan 3G dan perbedaannya. Yuk, kita lihat bersama postingan tentang macam – macam jaringan GSM berikut.

CSD (Circuit Switch Data)
Adalah layanan data generasi awal dari GSM untuk mengakses WAP melalui Data Call per sesi. CSD secara teori memiliki transfer rate hingga 14.4 Kbps. Saat ini, teknologi CSD sudah jarang sekali digunakan.

HSCD (High Speed Circuit Switched Data)
Merupakan perangkat tambahan untuk jaringan GSM yang masih satu kelas dengan CSD. Secara teori HSCSD memiliki transfer rate yang lebih baik dibandingkan dengan CSD, yaitu sampai 43.2 Kbps.

GPRS (General Packet Radio Service)
Adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. GPRS sering disebut dengan teknologi 2.5G. Fasilitas yang diberikan oleh GPRS : e-mail, mms (pesan gambar), browsing internet. Secara teori GPRS memberikan kecepatan akses antara 56kbps sampai 115kbps.

EDGE (Enhanced Data Rate for GSM Evolution)
Adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136., rata-rata memiliki kecepatan 3 kali dari kecepatan GPRS. Tujuan pengembangan teknologi baru ini adalah untuk meningkatkan kecepatan transmisi data, efesiensi spektrum, dan memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasitas. Kecepatan akses EDGE secara teori sekitar 236kbps. Fasilitas yang disediakan EDGE sama seperti GPRS (e-mail, mms, dan browsing).

UMTS (Universal Mobile Telecomunication System)
Adalah salah satu teknologi telepon genggam generasi ke-3 (3G). Biasa juga disebut WCDMA. Selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail, mms, dan browsing), UMTS juga menyediakan fasilitas video streaming, video conference, dan video calling*). Secara teori kecepatan akses UMTS sekitar 384kbps.

HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)
Adalah protokol dalam telepon mobile berbasis jaringan UMTS 3G yang menyediakan transfer data 5x  lebih cepat. HSDPA sering disebut dengan generasi 3.5 (3.5G) karena HSDPA masih berjalan pada platform 3G. Secara teori kecepatan akses data HSDPA sekitar 1.8Mbps sampai 3.7 Mbps (downlink).

HSUPA (High-Speed Uplink Packet Access)
Adalah protokol ponsel 3G yang masih dalam keluarga HSPA. Nama HSUPA diciptakan oleh Nokia. Namun 3GPP menggunakan istilah lain perihal penamaannya, yaitu Enhanced Uplink (EUL). Kecepatan data HSUPA ini secara teori sekitar 5.76 Mbps (uplink).

Category :

0 comments: