Jumat, 20 Mei 2011

Bermain Game PS 2 Menggunakan PCSX 2 (Tutorial Terbaru)


65

PERSYARATAN SISTEM

(Sebelumnya, baca persyaratan sistem yang dibutuhkan agar nantinya game yang dimainkan tidak terputus – putus). Berikut adalah daftar singkat persyaratan sistem untuk menjalankan PCSX2 :

Minimum
  • Windows XP/Windows Vista or Linux 32bit/64bit
  • CPU that supports SSE2 (Pentium 4 and up, Athlon64 and up)
  • GPU that supports Pixel Shader 2.0
  • 512MB RAM
Recommended
  • Windows 7 or Linux 32bit/64bit
  • CPU: Core 2 Duo 3.2 GHz or Core-i series
  • GPU: GeForce 8600 GT or better
  • 1GB RAM (2GB if using Windows Vista or Windows 7)

DOWNLOAD PCSX 2 DAN BIOS

Anda bisa mendownload file instalasi PCSX 2 0.9.8 atau terbaru di sini (offline installer - direct) atau lihat langsung halaman downloadnya. Sedangkan untuk BIOS dapat Anda download di sini.

Notes : (Opsional) Saya sarankan Anda mesti update terlebih dahulu DirectX End User Runtime atau jika tidak, bukan masalah! Karena selama proses penginstalan nantinya akan di update secara otomatis.

Update juga Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable Package (x86)

INTRUKSI PENGGUNAAN

Perlu Anda perhatikan! Intruksi penggunaan dibawah bisa saja berbeda pada tiap komputer. Tergantung spesifikasi hardware yang dimiliki dan sistem operasi yang digunakan.

Sebagai contoh dari spesifikasi komputer saya :
  • Operating System : Microsoft Windows 7 Ultimate
  • Processor :  Intel(R) Core(TM)2 Quad CPU Q8400 @ 2.66GHz
  • Video Graphics : NVIDIA GeForce 9500 GT 1.00 GB - 1360 x 768 60 Hz
  • Total Memory : 2.00 GB
  • Motherboard :  Intel Corporation DG41RQ
  • Disk Drives : SATA II 500 GB

LANGKAH PENGINSTALAN DAN KONFIGURASI
  • Jalankan file pcsx2-0.9.8-r4600-setup.exe untuk memulai proses instalasi.
  • Setelah instalasi berakhir, biarkan sebentar PCSX 2 tertutup.
  • Pergi ke : C:\Program Files\PCSX2 0.9.8\ lalu buat folder baru bernama Bios.
  • Extract file Bios yang telah Anda download tadi kemudian copy dan masukkan kedalam folder yang telah Anda buat tadi.
  • Nah, sekarang baru jalankan PCSX2 0.9.8 Anda.
  • Pada tampilan pertama Anda akan melihat dibawah ini. 
  • Pilih English (US) atau biarkan saja System Default dan klik Next.
  • Anda akan menerima jendela pemberitahuan Import Exiting Settings? Pilih Import.
  • Setelah jendela berganti seperti ini.

Perhatikan!
  • GS – Mengetahui versi pixel shaders dan DirectX (pada Windows) yang kartu grafis (VGA card) anda dapat jalankan, lihat di sini
  • Lihat juga dukungan prosesor yang Anda gunakan untuk kinerja lebih baik : Prosesor(CPUs) yang mendukung SSE2 : Lihat di sini, Prosesor(CPUs) yang mendukung SSSE3 : Lihat di sini, Prosesor(CPUs) yang mendukung SSE4.1 : Intel Core 2 Duo Penryn series (E7xxx,E8xxx and Q9xxx models) Intel Corei5, Intel Corei7
  • PAD – Pilih SSSPSX Pad v1.7.1 jika hanya menggunakan Game Controller atau pilih Lilypad v0.10.0 jika Anda menggunakan Mouse dan Keyboard juga (mendukung Game Pad XBOX 360)
  • SPU2Linear pada Mixing Settings adalah opsi yang direkomendasikan untuk Interpolation. Centang Disable effects processing untuk mematikan segala jenis efek emulasi seperti reverb, yang menurunkan kualitas suara namun meningkatkan kecepatan. 
  • Sedangkan untuk opsi Module pada Output Setting pilih X Audio 2 - metode yang direkomendasikan, baik untuk Vista.
  • CDVD – Jika Anda ingin menjalankan langsung game PS2 dari CD/DVD, maka pilih Gigaherz's CDVD v0.8.0. Sedangkan Linuz Iso CDVD v0.9.0 bertugas untuk mengompres file image ISO game Anda untuk menghemat pemakaian harddisk. 
  • Kemudian saat konfigurasi (klik Configure…), Pada "Compression Method" anda dapat memilih antara ".Z - compress faster", yang akan mengkompres secara cepat namun menyebabkan ukuran lebih besar atau ".BZ - compress better", yang akan mengkompres secara perlahan namun menyebabkan ukuran menjadi lebih kecil. 
  • USBTidak ada konfigurasi khusus
  • FWTidak ada konfigurasi khusus
  • DEV9 – adalah plugins yang mengatur HDD (hard disk drive) dan emulasi ethernet. Hanya ada Dev9Null v0.5.0 yang tersedia dalam paket 0.9.8, lagi-lagi plugin Null yang sama seperti yang lain. Juga ada plugin Dev9 yang baru sedang dikembangkan oleh Luigi, yaitu plugin MegaDev9 yang masih dalam tahap awal tetapi sangat menjanjikan. Untuk sementara waktu, plugin ini hanya mengemulasi HDD PS 2. Anda dapat memperolehnya di sini.
Settingan yang saya jalankan :

Opsi Plugin yang Saya Gunakan

Konfigurasi GS

Konfigurasi PAD (DX Twin USB Joystick)

Konfigurasi SPU 2
  • Selanjutnya adalah pengaturan Bios. Hilangkan centang pada Use default setting, lalu klik Browse kemudian arahkan ke C:\Program Files\PCSX2 0.9.8\Bios tempat Anda menaruh file Bios tadi. Setelah itu klik Refresh list, kemudian akan muncul Bios Anda pada kotak Select a BIOS rom lalu klik ganda dan PCSX 2 secara otomatis akan membaca Bios Anda.
  •  Sekarang PCSX 2 siap untuk dimainkan.
Halaman petunjuk lengkapnya, silahkan Anda baca seksama di sini.

MEMAINKAN GAME DENGAN PCSX 2
  • Buka PCSX 2 lalu klik menu CDVD > Iso Selector > Browse…
  • Cari game ISO Anda lalu klik Open untuk memilih.
  • Selanjutnya klik menu System > Boot CDVD (Full).

KOMPABILITAS GAME

Sekarang, untuk melihat status game yang ingin Anda mainkan, apakah berjalan baik atau tidak dapat di llihat pada halaman : http://is.gd/hQ1rcM

Keterangan Status Game :
  • Playable : Game dapat dimainkan dari awal sampai akhir, tapi tidak ada jaminan game tersebut dapat dimainkan dengan FPS tinggi, ada kemungkinan game tersebut lambat untuk dimainkan.
  • Ingame : Game tidak bisa dimaenkan secara sempurna dari awal sampai akhir, ada kemungkinan game tersebut akan crash/hang di tengah permainan, misalnya pada saat movienya.
  • Menus : Hanya bisa masuk ke menu awal, setelah itu crash/ hang.
  • Intro : Hanya bisa menampilkan intro saja, setelah itu crash/hang.
  • Nothing : Tidak ada tampilan sama sekali (langsung crash/hang).

 Semoga Bermanfaat !

Category :

65 comments:

  1. Kenapa sama saya tidak mau baca...
    bios nya gak jelas deh..

    BalasHapus
  2. maksud Anda bios tidak bekerja?
    kalo gitu coba Anda unduh file PCSX2 0.9.6 full bios berikut :

    http://www.ziddu.com/download/15112719/PCSX2v0.9.6FullBIOS.7z.html

    kemudian ekstrak lalu copy dan paste di C:\Program Files\
    Semoga bisa menjawab keluhan Anda.

    BalasHapus
  3. gan saya maen call of duty 3 setelah movinya ada tulisan has stopped working terus hang close program itu ada solusinya g gan

    BalasHapus
  4. hal itu kemungkinan terjadi karena ketidaksesuaian spek hardware. pengalaman beberapa temen yang mengalami hal serupa adalah dengan mengoverclock CPU tetapi itu bisa saja menjadi aktivitas berbahaya jika tidak diperhatikan dengan baik - baik.
    perlu Anda ketahui bahwa PCSX 2 terbaru v0.9.8 sebenarnya masih dalam tahap beta. jadi wajar kalau Anda menemukan beberapa bug didalamnya.

    BalasHapus
  5. Saya mencoba memainkan GTA SanAndreas FPSx baus tapi saya terkendala ditampilan kamera tidak fokus kedepan saat akan berjalan dia hanya kelihatan stengah badan dan saya sudah ganti jenis tamppilan dengan menekan select tapi tetapp tidak bis. mohon pecerahannya.......

    BalasHapus
  6. Agar dapat memainkan game dengan lancar, PCSX 2 sangat bergantung pada spek hardware yang tinggi. Saya belum mendapati ada trik atau cara khusus supaya game berjalan seperti yang kita inginkan.
    Saya kira itu kelemahan menggunakan emulator.

    BalasHapus
  7. klw yg bertulisan file not found.path isofilesystem itu karena ap gan ??

    BalasHapus
  8. apakah Anda memainkan game menggunakan CD game? Jika iya coba Anda buat file ISO-nya dahulu menggunakan ImgBurn.

    BalasHapus
  9. saya pkai cd,gimana cara membuatnya ?
    oh iya,di komputer saya kok gk bisa pkai Stik ya,tolong di bantu ya ^^

    BalasHapus
  10. Untuk membuat file ISO menggunakan ImgBurn, caranya :
    1. masukkan CD game Anda ke CD ROM komputer.
    2. kemudian jalankan ImgBurn Anda.
    3. Pilih "Create image file from disk".
    4. klik icon yang sama dengan "Create image file from disk" untuk memulai.

    Anda bisa mendownload imgburn via : http://www.filehippo.com/download_imgburn/
    lihat screenshotnya untuk lebih jelas : http://www.imgburn.com/index.php?act=screenshots

    sedangkan untuk joystick, terus terang saya sendiri agak bingung, apakah dikarenakan masalah kompabilitas dengan emulatornya ataukah komputernya? karena saya kurang begitu paham tentang masalah hardware. jadi, mohon maaf tidak dapat membantu Anda.
    beberapa orang teman saya juga mendapatinya begitu.

    BalasHapus
  11. gan knpa ya ..saat mw main game ps 2 di pcsx2 nya trasa lmbat ...apa yg mnjdi pngruh nya gan..tpi klo ana main game pc kek the sims 3 ato game ps 1 g ada mslh tuh..g lmot gtu gan?? tlong ksi pncrahannya,,,

    BalasHapus
  12. Beda dari emulator PS 1, pada emulator PS 2 spesifikasi hardware sangat menentukan kinerja emulator dalam memainkan game. harus diperhatikan prosesor, vga, dan ram yang terpasang pada PC Anda telah memenuhi persyaratan sistem yang direkomendasikan.
    sebenarnya PCSX 2 0.9.8 sejauh ini dalam masa uji beta. masih terdapat bug meski PC Anda telah memenuhi syarat.
    cara yang terbaik dan paling efektif hanyalah mengupgrade hardware. tapi itu sangat riskan, bukan?!

    BalasHapus
  13. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7413508
    mungkin bisa membantu

    BalasHapus
  14. Terima kasih telah berbagi informasi.

    BalasHapus
  15. gan a saya mau nanya klo kaset dvd ps2 bisa dimaenin disini ga

    BalasHapus
  16. Bisa. Tapi kalo saya sarankan, mending agan buat file ISOnya aja daripada maenin pake dvd game PS 2nya. Sayang DVD-ROM komputer Anda.

    BalasHapus
  17. pas movienya lancar - lancar aja.
    tapi pas maennya terbata-bata..
    tolong pencerahannya gan??

    BalasHapus
  18. Lihat pada bagian KOMPABILITAS GAME kemudian cocokkan dengan game yang Anda mainkan tersebut.

    BalasHapus
  19. gan knpa ya sya ga bs main game ps 2 nya..
    pdhal gamenya sya cocokin dlu dng link yg agan sdiakan & game yg sya ingn mainkan Playable,
    tpi pas sya insert file isonya trus sya run ga kebaca gamenya..
    knpa tuh gan??
    settingan pcsxnya sya ud ngikutn agan,
    file gamenya sya bwt iso pke poweriso,
    mhon pncerhannya gan..
    trima kasih

    BalasHapus
  20. kalo jalan gamenya lamnbat solusinya gmana bos?

    BalasHapus
  21. Wah gimana nih cara menjawabnya ? Keduanya sama2 memakai Anonim sih, saya jadi bingung :D

    Oke untuk pertanyaan pertama, saya pikir file yang Anda buat iso-nya dengan power iso tersebut tidak berhasil dan tetap menjadi file biasa.
    Solusinya, Anda bisa menggunakan Ashampoo Burning Studio caranya :
    1. Masukkan CD game Anda.
    2. Tunggu sampe CD game Anda terbaca.
    3. Pilih Create/Burn Disc Image
    4. Klik Create a Disk Image from a CD/DVD

    Untuk installer dapat Anda download diwebsite resminya, sedangkan kunci lisensi dapat Anda download di : http://www.ziddu.com/download/16279937/KeyRegFileABS10.zip.html

    Cara install, matikan internet sebelum menginstall Ashampoo Burning Studio, setelah itu klik ganda pada file kunci serial.

    Untuk pertanyaan kedua, game yang berjalan lambat sangat dipengaruhi oleh prosesor dan ketersediaan ruang bebas pada memori RAM Anda, Coba gunakan game booster sebelum menjalankan game : http://techno-39.blogspot.com/2011/08/iobit-game-booster-30-terbaru-download.html

    BalasHapus
  22. mengapa ya bios nya ga muncul setelah di refresh ? saya sudah mengextract dan copy paste ke file bios di program C ? bingung saya gan..

    BalasHapus
  23. apa paswor bwat extrax biosnya gan???

    BalasHapus
  24. gak ada passwordnya gan! langsung aja ekstrak.

    BalasHapus
  25. kok pass udah di klik cdvd (full) g bisa trus ada tulisannya file not found sih.. kasih tau solusinya dong

    BalasHapus
  26. Saya kok tidak bisa install PCSX2 di laptop ya Bro....Speknya Intel Core i3 2330, memory 2 GB, VGA NVidia GT 520 1GB, Win7 versi 32 dan 46...Pas dijalankan plugin GSDX nya suruh update DirextX nya.....Bingung apa nya yang mau diupdate. Kan directX nya sudah versi terbaru.
    Mohon Pencerahan dong Bro.....Thx be4.

    Adit

    BalasHapus
  27. gan kl mw pke mouse n keyboard konfigurasinya dmn ya?ud tk cari ko g bisa..
    makasihh...

    BalasHapus
  28. gan folder isonya sudah dibikin tapi gambar nya nggak bisa keluar.mungkin nggak pakai stik ya

    BalasHapus
  29. Saya kok tidak bisa install PCSX2 di laptop ya Bro....Speknya Intel Core i3 2330, memory 2 GB, VGA NVidia GT 520 1GB, Win7 versi 32 dan 46...Pas dijalankan plugin GSDX nya suruh update DirextX nya.....Bingung apa nya yang mau diupdate. Kan directX nya sudah versi terbaru.
    Mohon Pencerahan dong Bro.....Thx be4.

    BalasHapus
  30. Saya sudah punya file iso Harvest Moon wonderfull Live,tapi pas mau di maenin eh... yang muncul malah "file not found". gimana solusinya gan ? mohon pencerahannya....

    BalasHapus
  31. W 15:50:35 Retry Failed - Reason: Unrecovered Read Error
    W 15:50:35 Retrying (15 of 20)...
    artinya apa gan ?

    BalasHapus
  32. Gan thank's nih infonya, tp sy cuma punya dvd ps2 nya..
    Ga ad bios" gitu, nah itu gmn cara spy bs di mainin?

    BalasHapus
  33. Setau saya bios itu plugin utk emulatornya sendiri, jadi satu emulator, satu bios.
    mending DVD PS2-nya dijadiin file ISO aja gan, misalnya pake ashampoo burning studio.

    BalasHapus
  34. gan pas aq main kogh gx kluar gambarnya !!

    mhon pencerahanny

    BalasHapus
  35. GIFTAG warning, size exceeded VU memory size 400 maksudx apa masbro

    BalasHapus
  36. gan,settingan controller aku ko ga aktif, ga bisa pencet start dll.
    btw, spec notebook ku, core i7, amd 6550 1 gb, ram 8gb, aku udah nyoba install plug in, tapi ga nyetting plug in nya, cma install doang, habis bingung sih.... helep mi gan.... thx b4

    BalasHapus
  37. bios psx sama gk sih sama pcx2 soal nya aku punya yang psx terus aku copy paste di pcx2 gk bisa valid bios nya,soal nya pas aku download pcx2 di link lain itu gak dapet bios nya aku pakai windows 7 sama intel core i3 makasih sebelum nya

    BalasHapus
  38. bios di psx sama gak seperti bios pcx2 karena saya punya nya psx di sana ada bios terus saya copy paste.soalnya dari link lain saya download pcx2 nya gk dapet bios terus udah saya atur seperti petunjuk yang anda sampaikan valid bios saya pakai windows 7 dan intel core i3 terimakasih sebelum nya dan makin sukses ya

    BalasHapus
  39. bios di psx sama gak seperti bios pcx2 karena saya punya nya psx di sana ada bios terus saya copy paste.soalnya dari link lain saya download pcx2 nya gk dapet bios terus udah saya atur seperti petunjuk yang anda sampaikan valid bios saya pakai windows 7 dan intel core i3 terimakasih sebelum nya dan makin sukses ya

    BalasHapus
  40. knp ya klo main pasti gerakanya patah'' gt, alias macet macetan?
    gmn ya cranya biar gmbarnya dak macet''an ?

    BalasHapus
  41. gan .. ane ada masalah read disc eror itu kenapa yah
    "CDVD READ ERROR, sector = 0x002093db"

    thx .. Andre

    BalasHapus
  42. mau tanya gan,klo keluar error:
    A File could not be created.
    Path: C:\program files\PCSX2 0.9.8\bios\SCPH-70012_BIOS_V12_USA_200.nvm
    apa yg hrs dibenerin nih gan? mohon petunjuknya ya, makasih...

    BalasHapus
  43. Gan... Ni q mo ada yg tak tanyain masalah emulator... Bisa mnta emailnya g cz ada screenshotnya jga.... Thanks (dtunggu gan balasanya)

    BalasHapus
  44. Buat VGA Intel 3000 Lancar gk??
    kalo di paksain gmn??

    BalasHapus
  45. gan biar bisa maen psx2 pke joy stick gmna cranya,..??

    BalasHapus
  46. gan, klo cant create gs log knp??

    BalasHapus
  47. gan , jka kta gx ad cd/dvd rom ,kta mw ambil iso ny, d copy ke flasdisk bisa gx? klw bsa tlg krim cra main ny y gan. .

    BalasHapus
  48. cant read gs null apa artnta??

    BalasHapus
  49. File could not be created.Path: C:\Program Files (x86)\PCSX2 0.9.8\bios\SCPH-70012_BIOS_V12_USA_200.nvm
    (pxActionEvent) (thread:EE Core)


    artinya apa ya gan . . . udah sesuai tapi gak mau.

    BalasHapus
  50. om....
    punyak'u dah bisa jalan tpi kok loading na kok lama bner ya....?
    q maen game Spyro-Enter of Dragonfly
    Kasih solusi donk...!!!

    BalasHapus
  51. om..
    kok pnyk ku loading na lama ya??
    q pkek processor Intel(R) Celeron(R)CPU B815 @ 1.60GHz
    RAM 2GB System Model Aspire 4349
    kasih Solusi donk kk yak.....!!??

    BalasHapus
  52. Gan, laptop gue specnya dh mantap pnya NVidia n ram 4 GB. Memng pas bk game Naruto Ultimate NInja 5 bagus, tapi pas mau new game gambrny di bagian kirny hitam, pas menu pun begitu jg...
    Gue coba dri kasetnya yg gue ubh ke iso, ttp sama aja...
    Help....

    BalasHapus
  53. gan aku udah masukkin file isonya tapi kok ada tulisan "please insert disc

    BalasHapus
  54. Kenapa pas gue jalankan game harvest moon a wonderfull life nya file not found
    path:isofilesystem

    itu knp ya pliss minta bantuan nya...... =((

    BalasHapus
  55. bro ada gk alat kyak gitu yg bntuk instalan CD di toko" komputer yg langsung jadi,biar gk error" trust..

    BalasHapus
  56. wowgh, nice info :D
    thx gan working 100% lemot..
    padahal buat maen emulator WII malah work lancar :(

    BalasHapus
  57. gan, kenapa pas gwe mau jalankan pcsxnya kok harus update directx?

    BalasHapus
  58. punya saya tidak keluar gambarnya tpi kluar suaranya, gimana nih solusinya?

    BalasHapus
  59. gan ane punya msalah nie pas mau men game iso yang dah ane download,,, ni masalahnya:

    pas ane dah buka file iso-nya trus ane klik boot cdvd fast yang muncul cma layar hitam doannk gan,,, truss pas ane periksa muncul kayak gini gan:

    CDVD READ ERROR, sector = 0x001fc29e
    mohon bantuan secepatnya gan

    BalasHapus
  60. Gan, bagaimana ya cara memainkannya, saya ada tulisannya file not found path Isofilesystem, saya gak pake CD

    BalasHapus
  61. File could not be created.Path: C:\Program Files\PCSX2 0.9.8\bios\SCPH-70012_BIOS_V12_USA_200.nvm
    (pxActionEvent) (thread:EE Core) maksud ny ap nih gan

    BalasHapus
  62. gw kena >>> GIFTAG warning, size exceeded VU memory size 400 <<< sama pertanyaan yg diatas juga blum di jawab

    BalasHapus
  63. (-__-) BINGUNG DIRIKU ?????? PUSIANG NGERTI

    BalasHapus
  64. Kan saya udh slsai download pscx nya tp pas pngen install eror gmna tuh?
    ._.

    BalasHapus