Sabtu, 02 Oktober 2010

Cara Mengganti Ikon Blog pada Address Bar


1
Pada saat membuka website atau blog, seringkali kita menemui sebuah gambar atau ikon tertentu pada address bar (kotak untuk mengetikkan alamat web) dari browser yang kita pakai. Misalnya kalau kita membuka halaman suatu blog dan pemilik blog masih membiarkan tampilan blog apa adanya, maka secara default akan terlihat sebuah ikon berupa huruf “B” berwarna putih dengan background warna oranye sebelum deskripsi alamat dari blog yang sedang kita buka.


Nah! Bagi Anda yang ingin menggantikan ikon default tersebut dengan ikon pribadi Anda, hal yang perlu Anda lakukan adalah

Siapkan ikon yang akan dipakai dengan ukuran image kira2 24×24 pixel sampai 256x256 pixel. Sebenarnya bebas saja bila Anda ingin mencoba ikon berukuran lebih dari itu, tapi untuk mempercepat waktu loading dan mendapatkan best view dari ikon yang tersebut maka menurut saya yang terbaik adalah ikon dengan ukuran 128x128 pixel.

Jika sudah, upload icon tersebut ke salah satu situs tempat menyimpan foto online gratisan (misalnya Picasa, Photobucket, atau situs lainnya). 

Setelah itu, login ke Blogger Anda, klik Rancangan > Edit HTML, centang Expand Template Widget lalu cari kode ini : </head>

Bila telah ketemu, tambahkan kode berikut tepat di atas kode tadi dan akan menjadi seperti ini :
<link href='http://i859.photobucket.com/albums/ab160/techno39/technoicon.png' rel='SHORTCUT ICON'/>
</head>

Kemudian ganti link warna biru dengan link tempat menyimpan gambar Anda tadi. Setelah itu klik “Simpan Template”. Nah sekarang lihat perubahannya.

Category :

1 comments: