Rabu, 09 Maret 2011

Kupas Tuntas Cara Memainkan Game PS 1 (PSX) di PC


36
Nah, posting kali ini mungkin bisa memberikan solusi bagi Anda yang lagi kangen, pingin memainkan lagi koleksi game PS one milik Anda dirumah, sementara console device PSX-nya udah gak ketahuan lagi dimana rimbanya hehehehe....


Jadi, daripada membeli console device PSX baru, mengapa tidak kita gunakan saja – PC, untuk memainkannya? Caranya, adalah dengan menggunakan emulator PS1/PSX. Sebenarnya, banyak sekali aplikasi emulator PSX yang bisa kita pakai. Tapi untuk kali ini, saya akan berbagi tips cara memainkan game PS 1 (PSX) di PC menggunakan ePSXe 1.7.0.

DOWNLOAD EPSXE & PLUGIN
Langkah pertama untuk bisa memainkan game PSX di komputer, terlebih dahulu kita mendownload emulatornya – dalam hal ini, ePSXe 1.7.0.

Cara Lama
Untuk mendownload ePSXe 1.7.0 atau terbaru, silahkan ikuti link ini. kemudian setelah proses download, ekstrak file-nya, copy lalu taruh di C: Program Files. Jika sudah lalu pilih ePSXe.exe, klik kanan dan Send to menuju Desktop.


Kemudian download plugin, PSX’s BIOS, di sini (atau di sini untuk direct). Ekstrak file dan masukkan ke directory \bios (lihat gambar). Anda juga bisa menghapus file ‘erase.me’.

Selanjutnya download plugin video graphic , sound (optional), disk driver (optional) melalui link ini. Lalu ekstrak dan simpan ke directory \plugins (lihat gambar).

Mungkin pengembang ePSXe lupa menambahkan file zlib.dll ke dalam rilis terbaru (v1.7.0). Untuk mendapatkannya, silahkan ambil zlib.dll di sini. Kemudian tambahkan kedalam directory yang sama dengan ePSXe.exe.

Cara Praktis
Kalo gak mau repot2, saya udah menyiapkan ePSXe 1.7.0 + plugin-nya yang bisa didownload langsung melalui link berikut (pilih salah satu).
Link 1 : Emulator ePSXe 1.7.0.zip
Link 2 : Emulator ePSXe 1.7.0.rar

SETTING EPSXE
Emulator ePSXe + plugin udah disiapin. Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi settingan yang dibutuhkan. Adapun langkahnya adalah

LANGKAH 1
Jalankan ePSXe.exe, pilih menu Config > Wizard Guide > tekan tombol Config >>


LANGKAH 2
Selanjutnya akan masuk ke konfigurasi BIOS. Klik "scph1001 - USA (Recomended)”. Next.


LANGKAH 3
Konfigurasi video. Pilih "Pete's D3D driver 1.77".


Kemudian klik pada "Config", lalu lakukan konfigurasi sesuka Anda. Pilih Fast pada default setting, jika menghendaki performa game yang cepat namun dengan kualitas grafis yang sedikit lebih rendah atau pilih Nice untuk Anda yang lebih mementingkan grafis dari performa game. Klik OK.


LANGKAH 4
Anda akan dibawa ke konfigurasi audio/sound. Pilih "P.E.Op.S Dsound Audio Driver", pilih Config bila perlu pengaturan lanjutan atau bisa langsung klik Next.


LANGKAH 5
Konfigurasi CD-ROM. Jatuhkan pilihan pada "ePSXe CDR ASPI core 1.7.0" bagi Anda pengguna windows 95, 98 dan ME atau pilih "ePSXe CDR WNT/W2K core 1.7.0" untuk windows XP dan Vista.


LANGKAH 6
Selanjutnya konfigurasi controller. Pilih Controller 1 untuk pengaturan tombol pada contol device 1 atau Controller 2 untuk pengaturan tombol pada contol device 2. Jika sudah, klik OK dan Next.


LANGKAH 7
Klik Done untuk mengakhiri wizard.


MEMAINKAN GAME PSX
Nah, sekarang apa? Oh ya, cara memainkan game PSX-nya. Ada beberapa cara bisa dilakukan, yaitu :
  • Jika Anda masih menyimpan CD game PS 1, klik File > run CDROM.
  • Jika Anda telah mempunyai file game PS 1 tersimpan dikomputer (ISO , CCD , BIN , CUE , IMG, dll.) klik File > run ISO
  • Dan sebagainya.

Notes :
Nah saran untuk menghindarkan CD games PS 1 (bagi Anda yang punya) dari kerusakan adalah dengan menciptakan file ISO dari CD games tersebut dan kemudian menyimpannya di komputer. Anda bisa menggunakan software ImgBurn yang bisa didownload di sini (via FileHippo).
Atau jika Anda sudah tidak menyimpan CD games PS 1 dirumah, bisa langsung mencari dan mendownloadnya di sini.

Category :

36 comments:

  1. ommm ...

    bisa jelasin cara ngcheat engine epsxenya juga donk...

    TOLONG kirim ke email nihh ...

    hendrafeuru@ymail.com

    thanks...

    BalasHapus
  2. oh ya, kami usahakan secepatnya mas. ntar kalo udah oke, kami kirim juga ke email Anda. Terima kasih juga atas apresiasinya.

    BalasHapus
  3. WAh Ni blog selain tampilanya bagus Si Pemilik Blog Respon juga ya. Juga mau ngirim lewat e-mail ok siip dah nih blog.

    Saya ada Saran : Bisa gk tuh kalo mau ngoment tanpa masukin kata kunci di blog ini?

    BalasHapus
  4. Ngoment tanpa masukin kata kunci? Saya pikir maksud Anda, sesi "Beri komentar sebagai :" - kalo untuk itu, sepertinya sulit terlaksana karena itu merupakan hak google sebagai host blogger tempat kami memposting artikel selama ini.

    BalasHapus
  5. Bukan kan aku udah koment nih trus hrus dimasukin kata kunci seperti PANCKOKK yang berwarna hijau nah itu memperlambat untuk komentar

    BalasHapus
  6. Saya request ya emulator ps2 beserta cara nyeting supaya gk ended ended atau agak legh kalau di mainin. Aduh saya udah muter di googling untuk nyeting nya tapi belum berhasil huh, dan PLUS BIOS DAN JUGA PLUGIN ok mmh........ Ingat jangan seperti langganan blog saya dulu sekarang udah jelek nih thekriminal.com aku udah males mampir gk ada software berguna lagi mmh thanks

    BalasHapus
  7. saya tahu, mgkn maksud Anda kode captcha. oke, kami udah memperbaikinya. udah lebih baik kan?
    untuk emulator ps2, kami usahakan scepatnya (mklum lg byk tugas yg menumpuk. hehehe)

    BalasHapus
  8. YA ok aku tunggu ya admin ! mmh semoga aja bisa niih dicariin

    BalasHapus
  9. mungkin memakan waktu agak lama, saya harap anda bersabar. sementara kami mencari sumber - sumber yang bagus untuk artikelnya.

    BalasHapus
  10. gan,q punya masalah ma file iso nih,ug gk bisa eo djalanin ma psx,misal q mo maen Gundam battle assault,dah q insert,n jalan bentar,abis ntuw macet,nah hal ntuw gk hnya pada file itu ja,da banyak agy!mhon saran n bantuannya ea,thanks bnget ....

    BalasHapus
  11. Apakah file game iso yg anda punya merupakan hasil download? jika iya, kemungkinan file yang didownload tersebut korup (bermasalah).
    Kebetulan saya masih menyimpan beberapa CD game PS 1 lama, jadi saya hanya menjadikan data yang tersimpan di CD game tersebut sebagai file iso (menggunakan ImgBurn) dan, hasilnya berjalan seperti biasanya.
    Atau bisa jadi, masalah itu muncul karena ketidaksesuaian dengan video card yang terpasang maupun kurangnya persyaratan sistem yang di Anjurkan.

    BalasHapus
  12. haduh,,,,,
    saia bingun nich.....

    BalasHapus
  13. step mana yang membuat Anda bingung?

    BalasHapus
  14. Athlon II X3 450
    MSI 870-G45
    DA GTS 450 Platinum
    Windows XP SP2

    ada masalah ga ama specs kompie diatas???dulu gw taunya,specsnya max Win98...

    (...malu bertanya sesat dijalan...)

    BalasHapus
  15. Athlon II X3 450 mempunyai code named "rana" memiliki 3 inti prosesor, atau mungkin setidaknya setara dengan core 2 duo atau core i3(meski memiliki 2 inti prosesor).
    Saya kira, tidak masalah jika Anda menjalankan emulator ini di XP. sementara itu, emulator PS 1 ini lebih friendly dibandingkan emulator PS 2 yang memerlukan spek tinggi untuk menjalankan game.

    BalasHapus
  16. gan, thanks banget neh artikelnya berguna banget.. semua dah aku jalanin and bisa maen kyk di ps1.

    Tapi ada satu yang nga ngerti, knp suara orang ngomong jadi cempreng yah ? apa ada configuration lg yg salah ? saya maenin pake laptop windows 7. apa bermasalah?

    BalasHapus
  17. mungkin saja ini masalah kompabilitas dengan sound laptop Anda, gan. Saya udah coba kok di PC n berfungsi baik. cuman kalo dipake agak lama, fan PC saya jadi agak 'berisik', akhirnya di uninstal aja biar aman hehehe.... :D

    BalasHapus
  18. Klo bisa upload plugin di mediafire.com, jangan di 4shared ato ziddu, karena aku pake opera mini.e opera mini.

    BalasHapus
  19. oke, kami jadikan postingan ini sebagai pengalaman kami. terima kasih sarannya.

    BalasHapus
  20. cara save gam di emulator ps 1 gimana gan? pusing.. saya maen tomba.. hasil download, lumayan 200mb-an.. tapi pas mau save.. gak ada memory nya... gimana yah???

    kenalin nama saya hesyandi pelajar dari kabupaten majalengka(jawa barat)

    BalasHapus
  21. om, setting yg bgus buat VGA ati rodeon x1300
    windows sp 2, 1 G ram, intel pentium IV apa ya?? biar gambar nya maximal.... Bls ya om

    BalasHapus
  22. @hesyandi : Salam kenal juga mas Hesyandi, senang sekali berkenalan dengan sampeyan.
    Oh ya, mohon maaf sepertinya saya tidak bisa membantu Anda mengatasinya, karena meski secara default ePSXe telah menyediakan fungsi save game, nyatanya hal itu malah gak bekerja untuk hampir seluruh game yang saya mainkan, cuman game bertema kuis (entah saya lupa judulnya) yang bisa disave. Mungkin forum seprti kaskus bisa memberi solusi.

    BalasHapus
  23. Rekomendasi saya, sebaiknya pilih settingan yang tidak memberatkan bagi prosesor pentium IV Anda untuk memprosesnya. Atau langsung klik aja tombol Fast pada default setting di menu Pete's D3D driver.

    BalasHapus
  24. gan mw nanya ni.. cara ngesave'a gmn yh??
    tolong nih gan :D
    klo boleh kirim ke email saya yh
    alwivan@gmail.com
    thanks nih gan sebelumnya
    Salam sukses

    BalasHapus
  25. ooooomakasih gan..udh nyoba nyoba mainin ps1 dng search di google,cuma di sini akhirnya yg bisa membuat q bs berhasil set ps1..makasih gan....

    BalasHapus
  26. gan gmn cara bwt file ISO nya?
    tolong kirim ke kulo_aji@yahoo.com
    thx

    BalasHapus
  27. gan gimana cara buat file iso nya?? saya gk ngerti...
    kirim ke email farrel_v1no@yahoo.com

    BalasHapus
  28. Maaf mau tanya, gimana cara kompres file pake 7z biar ratio nya ganti

    BalasHapus
  29. makasih bang atas tutorialnya, tapi cara save gimana ya?

    BalasHapus
  30. nice info..
    kak, kalau laptop ga ada sound drivernya gimana setting nya??atau emang harus ada sound nya????
    thx..

    BalasHapus
  31. mantap nih aku suka game yugioh apalagi yang forbidden memories apa lagi kalo ada cheat nya dapet blue eys white dragon pake pec ngecheat nya
    kalo suka yugi kesini ya:http://valentinusdenislie.blogspot.com/

    BalasHapus
  32. sipp thanks infonya :)

    BalasHapus
  33. bang admin tolong saya...saya menekan bukan conflig tetapi skip conflig ,,,ePSXe gak bisa run iso.,,bagaimana jalan keluarnya bang..plis dikirim ke email,,,

    BalasHapus
  34. ga bisa pake stick, sticknya malah ga fungsi..pencerahannya oom...

    BalasHapus