Selasa, 14 September 2010

Hindari Penyebaran Virus Lewat Autorun


2
Kita tahu, flashdisk merupakan sarana utama kita dalam menyimpan file – file untuk sementara waktu – sebelum memindahkannya kedalam komputer. Tapi sayangnya, sarana penting tersebut seringkali juga menjadi tunggangan bagi virus dan teman – temannya untuk memporak – porandakan sistem komputer kita. Dan yang lebih menyeramkan lagi, mereka akan masuk secara otomatis dan sembunyi – sembunyi dengan memanfaatkan “Autorun” pada saat kita menancapkan flashdisk ke komputer. Lalu apa sebenarnya “Autorun” tersebut? Autorun merupakan salah satu fitur yang dimiliki windows yang kegunaannya untuk mempermudah jalannya proses instalasi saat kita akan menginstall software atau driver tertentu yang tersimpan di dalam media CD/DVD maupun drive eksternal lainnya (misalnya ya flashdisk itu tadi).


Autorun sendiri sebenarnya dipicu dan diatur oleh sebuah file bernama autorun.inf. file ini (autorun.inf) merupakan file teks biasa yang didalamnya berisi baris – baris yang mengatur program apa yang akan dijalankan juga pengaturan – pengaturan lainnya. Dalam keadaan default, Windows akan menjalankan fitur tersebut untuk menjalankan berbagai media eksternal tersebut secara otomatis. Hal ini juga yang seringkali dimanfaatkan virus dan program berbahaya lainnya untuk menginfeksi komputer. Untuk mengatasi hal ini, adalah dengan cara mematikan fitur autorun tadi.

Langkah – langkah untuk menonaktifkan autorun : 
Untuk Pengguna Windows XP
  1. Buka Group Policy editor, dengan cara klik menu START > RUN > kemudian ketik “gpedit.msc” dan tekan Enter.
  2. Setelah muncul tampilan halaman Group Policy lalu klik 2 kali Computer ConfigurationAdministrative Templates > System > kemudian cari tulisan Turn off Autoplay. >
  3. Sudah ketemu? Kemudian klik 2 kali tulisan Turn off Autoplay lalu akan muncul pop up Turn off Autoplay Properties lalu pilih opsi Enable dan pada tulisan Turn off Autoplay on : pilih All Drives kemudian klik OK.
  4. Lakukan sekali lagi langkah nomor 2 dan 3 di User Configuration (letaknya dideretan bawah Computer Configuration tadi) – untuk berjaga - jaga.
  5. Kemudian Tutup halaman Group Policy kembali lalu Restart komputer Anda.

Untuk Pengguna Windows Vista dan Windows 7
Bagi pengguna Windows Vista dan Windows 7 edisi Home Premium hanya bisa menggunakan cara yang pertama saja. Dikarenakan pada Windows Vista dan Windows 7 edisi Home Premium tidak terdapat fitur Group Policy editor.

Cara 1 : Mematikan Autorun melalui Control Panel.
  1. Buka Control Panel lalu klik Hardware and Sound.
  2. Setelah itu klik Autoplay untuk membuka jendela pengaturan Autoplay.
  3. Kemudian hilangkan centang pada opsi "Use Autoplay for all media and devices".
  4. Klik tombol Save.
  
Cara 2 : Mematikan Autorun melalui Group Policy Editor.
  1. Buka Group Policy, dengan cara klik menu START > RUN > kemudian ketik “gpedit.msc” dan tekan Enter.
  2. Setelah tampil jendela halaman Group Policy, klik Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Component > Autoplay Policies.
  3. Selanjutnya di panel detail, double klik Turn off Autoplay.
  4. Klik opsi Enabled dan pilih All Drives pada box bawah Turn off Autoplay on : untuk menonaktifkan autorun.
  5. Lakukan sekali lagi langkah nomor 2 dan 3 pada User Configuration (letaknya dideretan bawah Computer Configuration tadi) – untuk berjaga - jaga.
  6. Kemudian Tutup halaman Group Policy kembali lalu Restart komputer Anda.

Attention :
Sebenarnya masih ada satu cara lagi untuk menonaktifkan Autorun, yaitu melalui Registry Editor. Namun disini tidak saya jelaskan mengingat caranya sedikit sulit untuk dilakukan. Tapi bagaimanapun juga, hasilnya tetaplah sama.

Category :

2 comments:

  1. semua tips nya keren2 gan,
    tidak pernah saya menemukan blog sedemikian detail sprti ini.

    Thank's bgt gan, sungguh sangat membantu skali.

    BalasHapus
  2. oke gan. thanks juga "jejaknya" :D

    BalasHapus