Jumat, 03 September 2010

Lindungi Komputer Dari Serangan Hacker Dengan Firewall


0
Dalam dunia jaringan komputer seringkali kita mendengar istilah “Firewall”. Terutama bagi orang – orang yang sering berhadapan dengan jaringan komputer atau internet. Katakanlah  para karyawan perusahaan dimana perusahaan tersebut memiliki jaringan komputer untuk menghubungkan antar divisinya atau bisa juga para mahasiswa/pelajar yang seringkali online melalui jaringan internet kabel, modem, ataupun Wi-Fi. Sebenarnya, Apa itu Firewall?


Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat keamanan komputer yang bertugas untuk menyaring, membatasi atau bahkan mencegah lalu lintas jaringan luar yang masuk ke dalam jaringan pribadi atau sistem komputer. Firewall umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Singkatnya, Firewall berguna untuk melindungi komputer dari serangan para hacker yang mencoba untuk mengakses atau bahkan merusak data dari komputer secara diam-diam melalui jaringan internet maupun LAN.

Fungsi Firewall :
Secara pokok, fungsi dari firewall adalah:
  • Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan.
  • Melakukan autentikasi terhadap akses.
  • Melindungi sumber daya dalam jaringan privat.
  • Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator.
Sebenarnya di dalam sistem operasi Windows sudah terintegrasi dengan firewall. Atau biasa disebut Windows Firewall. Namun bagi Anda yang menginginkan Fitur – fitur yang lebih lengkap, Anda bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Diantaranya :
Adapun aplikasi – aplikasi diatas selain bisa berfungsi sebagai firewall juga dapat digunakan untuk menghentikan aktivitas aplikasi – aplikasi yang terinstall dalam komputer dalam melakukan update atau koneksi jaringan yang sedianya menurut kita tidak perlu dilakukan (misalnya : Windows Media Player, Office, dan lain sebagainya). Sehingga buat kita yang mempunyai koneksi pas – pasan (seperti halnya saya) dapat melakukan aktivitas internet tanpa diganggu oleh update - update memakan bandwith tersebut.

Attention :
Semua yang saya sebutkan diatas merupakan firewall versi free sehingga tentunya ada beberapa fitur – fitur didalamnya yang dipangkas (kecuali PC Tools Firewall Plus yang memang freeware). Namun secara garis besar, versi ini saja sudah lebih dari cukup untuk melindungi komputer kita dari serangan hacker. Oh iya, untuk Ashampoo Firewall Free Anda masih diharuskan untuk melakukan registrasi disini.

Category :

0 comments: