Selasa, 07 September 2010

Trik Agar Windows Media Player Bisa Digunakan Sebagai Pemutar Video Serbaguna


0
Kita tahu, Windows Media Player merupakan salah satu media player yang paling popular dikalangan pengguna PC. Tidak hanya itu, bahkan pengguna paling awam pun (jika dia pengguna Windows) pasti akan langsung mengenalinya dikarenakan media player ini merupakan salah satu perangkat bawaan Windows yang biasa digunakan sebagai player standar dalam memutar musik atau menonton video. 
Hanya saja, sayangnya seringkali media player yang satu ini menolak jika diajak untuk menjalankan file – file multimedia yang menurutnya tidak umum katakanlah .3gp, .Flv, .Mov, .ASF, dan lain sebagainya. Akibatnya kita harus mengalah dan mencari media player lain yang bisa diajak untuk memainkan file – file macam diatas. Yah! untung kalau kita bisa menemukan player yang bisa memainkan semuanya, kalau tidak?! Berapa banyak media player yang diinstall dikomputer. Tentu akan menyita banyak memory drive bukan?
Solusinya adalah mencari sebuah cara agar Windows Media Player mau menjalankan file – file multimedia berekstensi aneh seperti diatas. Terus bagaimana caranya? Mudah saja! yang diperlukan hanyalah menambahkan K-Lite Mega Codec Pack. Tujuannya adalah agar Windows Media Player dapat mengenali dan memainkan file multimedia tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka K-Lite Mega Codec Pack Anda atau kalau masih belum punya silahkan download disini (via FileHippo).
2. Tutup browser Anda dikarenakan K-Lite Mega Codec Pack juga akan menyertakan codec untuk online streaming media player yang ada.
3. Sekarang jalankan setup installer K-Lite Mega Codec Pack lalu klik next.
4. Setelah muncul tampilan “select component” pilih Profile 1 : Default > Profile 4 Playback Only (Without Player).


5. Kemudian pada “ffdshow configuration centang hide systray icons dan hilangkan centang pada enable audio stream switcher. Centang juga hide systray icon pada “Haali Media Splitter configuration”.


6. Lalu pada tampilan “File associations”, centang Windows media Player.


7. Pada tampilan “File associations for Windows Media Player” pilih semua jenis file video. Dan jangan pilih satupun jenis file audio jika Anda ingin menggunakan player lain yang khusus untuk memutar file audio semacam Winamp, Media Monkey, Jet Audio, dan lain sebagainya.


8. Kemudian pada tampilan “Thumbnails” centang pada semua pilihan file video yang ada.


9. Selanjutnya ikuti proses selanjutnya hingga selesai
10.Setelah selesai, klik Start > All Program > K-Lite Mega Codec Pack > Reset to recommended setting.
11. Selanjutnya pada tampilan “Reset Setting” tinggal klik tombol next kemudian selesai.




12. Oke! Selamat Mencoba.

Category :

0 comments: