Selasa, 05 April 2011

Multi OS : Menginstal Dua Sistem Operasi Dalam Satu PC (Komputer)


10
Beberapa kebutuhan membuat kita berpikir tentang kemungkinan untuk menginstall dua sistem operasi (OS) dalam satu komputer. Ya, hal itu bisa kita lakukan. Tapi kita tidak bisa menginstal kedua OS tersebut dalam satu partisi. Jadi, kita harus memberikan ruang kosong lagi sebagai tempat untuk OS baru, misalnya OS lama di C dan OS baru di D. Saya katakan RUANG KOSONG! artinya kalau di partisi D sebelumnya sudah terisi data, segera lakukan backup pada data tadi atau jika tidak Anda akan kehilangan. Alternatifnya adalah membuat partisi baru untuk OS baru.


Apa manfaat menginstal 2 OS dalam satu PC? Untuk :
  • Melakukan pengujian compabilitas program tertentu.
  • Mencoba aplikasi tertentu dengan versi berbeda.
  • Sebagai alternatif jika salah satu OS bermasalah.
  • Mencoba 2 versi OS berbeda.
Kerugiannya ?
  • Membebani drive, karena menambah penggunaan space (ruang) harddisk.
  • Harus mengulangi proses instalasi program, driver, update, dan lainnya.

Tips : Perlu diperhatikan bahwa ketika menginstall 2 OS dalam satu komputer, sebaiknya pada OS baru tidak dijejali dengan berbagai macam program karena hal itu akan semakin memperberat kerja PC. Cukup aplikasi penting yang dibutuhkan, misalnya driver standar bawaan PC, antivirus, dan lainnya. Sedangkan pada OS lama, bisa kita lakukan.

CARA INSTAL OS KEDUA

Sebagai contoh, saya adalah pengguna Vista. Dan sekarang saya ingin menginstal XP sebagai OS kedua. Sebelumnya, pada komputer saya telah terinstal Vista di C. Nah, berarti sekarang saya harus menginstallnya di partisi yang lain, misalnya D. Caranya :
1. Masukkan CD installer Windows XP pada CDROM dan Restart komputer.
2. Saat BIOS tekan tombol Delete berulang – ulang, begitu muncul menu Press any key to boot from CD tekan Enter atau sembarang tombol.


3. Tunggu proses setup file – file yang diperlukan.
4. Selanjutnya akan tampil pilihan instalasi, tekan Enter.


5. Setelah itu akan muncul tampilan License Agreement, tekan F8.


6. Pada tampilan proses seperti berikut, pilih ESC.


7. Kemudian pada tampilan dibawah ini, berikan pilihan di drive mana Windows XP akan diinstal lalu tekan Enter.


8. Ikuti proses seperti biasa hingga selesai.

Sedangkan untuk menginstal Windows 7 sebagai OS kedua, langkah – langkah yang diperlukan hampir sama saat menginstal Windows 7 seperti biasa. Tetapi pada langkah berikut :


Pilih Custom (advanced). Kemudian akan tampil seperti ini :


Pilih disk di partisi mana ruang instalasi Windows 7 akan diberikan.

DUAL BOOT


Setelah OS kedua berhasil di instal pada PC, maka komputer akan melakukan Reboot dan tampilan Windows berubah menjadi dual boot.


ALTERNATIF LAIN

Alternatif lain untuk menjalankan multi OS adalah membuat virtual machine di komputer Anda. Anda bisa menggunakan software virtualisasi seperti Vmware Player atau Virtual Box tetapi dengan virtualisasi, hasilnya tak akan maksimal dan akan terus bergantung pada software virtualisasi itu sendiri.

Silahkan Mencobanya Sendiri.

Category :

10 comments:

  1. gimana cara mengganti numpad f1 sampai f12 ?

    gini kalo laptop Acer kan F1 tanda tanya trus F2 apa kek Beda sama laptop saya kalo saya HP ( Hewlett - Packard ) beda nih kalo F2 nya buat nerangin lampu layar lcd nah gimana caranya supaya bisa seperti acer trus kalo mau ke cara HP lagi gampang cepat jawab ya saya gk mau mikir lagi saya udah beban nih muter muter nginstall the sims medieval jadi jawab segera

    BalasHapus
  2. maksud anda mengganti fungsi tombol F1 hingga 12 dengan tombol keyboard lainnya (misalnya F1 diganti dengan ENTER dsb)?
    Kalo seperti itu, saya kira tidak dapat dilakukan. saya gak tau apa ini bisa membantu, jika Anda pengguna windows klik start > run > ketik "osk" untuk menampikan virtual keyboard windows.

    BalasHapus
  3. bukan kalo F11 tuh emang sama seperti Acer tapi kalo F12 nya beda untuk nerangin layar laptop aku kalo Yang Punya nya Acer tuh untuk matiin lagu nah pasti laptop kk Acer ya kan nah gimana caranya supaya seperti Acer supaya saya main The Sims Castaway nya gampang Soalnya cheat nya tuh F6 : Resouscer F7: buat ngisiin motiver nah aku kan beda jadi gk bisa pakek triner / cheat nya

    BalasHapus
  4. kalo mau ngecheat menggunakan trainer kan harus pencet f1 sampai f12 nah Kelyboard Acer tuh cocok sedangkan HP ku ini beda

    BalasHapus
  5. wah kalo begitu, sulit rasanya saya untuk menjawabnya. karena saya adalah pengguna Asus. mungkin Anda bisa mengunjungi halaman technical support HP : http://www8.hp.com/id/en/contact-hp/contact.html untuk mengirimkan email keluhan Anda tersebut.

    BalasHapus
  6. Yahh akhirnya dapat artikel tutor nih yang pake screenshoot. ijin copas gann.
    Kalau linux sama windows 7 bisa gak? instal yg mana dulu?

    BalasHapus
  7. sory saya masih newbie kalo tanpa cd bisa g instal os lain ?!
    soalnya saya masih pake notebook.

    BalasHapus
  8. gan,,,, kalua punyaku pas instalan kedua kok tiap mau di instal Di Drive D kok gak bisa,,, bisanya harus DI Local disk C,,, sama saja gak dual boot donk,,,!!!! kan harusnya yang satu DI C dan satunya DI D ato yg lain

    BalasHapus
  9. untuk install tidak harus menggunakan CD, sekarang Flasdisk pun sudah bisa di buat install.
    untuk caranya silahkan tanyakan sama mbah goole
    banyak tutorialnya kok

    BalasHapus