Minggu, 17 April 2011

Tutorial Mengamankan Data Pribadi Dengan Enkripsi Password


0
Flashdisk atau perangkat penyimpanan data lainnya bisa jadi sangat rawan, apalagi jika didalamnya terdapat juga beberapa file pribadi – penting yang tidak boleh diketahui begitu saja oleh orang lain. Ya, jika tidak hati2 menyimpannya tidak tertutup kemungkinan hal ini dapat membawa kerugian bagi Anda, termasuk pencurian data atau terserang virus (tidak menjamin, tapi dapat meminimalisir).
Salah satu jalan untuk mengamankan device eksternal penyimpanan data tersebut adalah menggunakan TrueCrypt, sebuah aplikasi free open-source memungkinkan Anda melakukan aktivitas enkripsi disk dengan mudah. Program ini didesain baik untuk Windows 7/Vista/XP, Mac OS X, dan Linux. TrueCrypt terbaru bisa Anda download di sini, kemudian install seperti biasa pada komputer Anda.
Pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan cara mengenkripsi data di Flashdisk. Adapun langkah - langkahnya adalah sebagi berikut :

MEMBUAT FILE CONTAINER
  1. Tancapkan dahulu Flashdisk yang ingin di kunci password ke komputer.
  2. Klik 2 kali file TrueCrypt.exe atau bisa juga klik pada shortcut TrueCrypt di menu Windows Start Anda. 
  3. Jika sudah, klik tombol Create Volume 
  4. Akan muncul jendela TrueCrypt Volume Creation Wizard. Pilih opsi Create an Encrypted file container dan klik Next.
  5. Selanjutnya adalah membuat file container. Klik tombol Select File, lalu arahkan ke drive mana Flashdisk Anda tertancap (misalnya drive H:\Flashdisk), berikan nama file yang diinginkan (contohnya : Encrypt Container), lalu klik Save dan Next.
  6. Pilih jenis Encryption Algorithm dan Hash Algorithm yang ingin Anda pakai, namun jika Anda pengguna pemula lebih baik abaikan saja. Next.
  7. Masukkan ukuran file container yang akan dibuat. Catatan : sesuaikan ukuran file container yang diinginkan besarnya tidak melebihi kapasitas Flashdisk Anda. Misalnya, jika Anda tadi menancapkan Flashdisk kapasitas 1 GB, maka Anda tidak bisa membuat file container melebihi dari 1 GB. 
  8. Ketikkan password dan konfirmasi password yang Anda inginkan lalu klik Next. PENTING! Bagi Anda untuk mengingat password yang telah dimasukkan tadi. Jika tidak, file enkripsi tidak akan dapat dibuka dan tak ada cara untuk memulihkannya.
  9. Akan keluar warning jika password yang Anda masukkan tadi kurang dari 20 karakter, abaikan dan klik Yes untuk melanjutkan.
  10. Pilih format file sistem yang diinginkan. Lalu klik tombol Format. (langkah ini bukan untuk memformat Flashdisk tetapi file data yang akan dibuat).
  11. Tunggu proses pemformatan hingga selesai. Semakin besar volume yang dibuat, semakin lama waktu yang diperlukan. 
  12. Ketika proses pemformatan selesai. Akan muncul pop up windows, klik OK.
  13. Pada jendela berikutnya, abaikan saja dan langsung klik Exit.

MENYIMPAN DATA DALAM FILE CONTAINER
Setelah membuat file container terenkripsi, selanjutnya yang Anda butuhkan adalah bagaimana menambahkan atau menyimpan data penting ke dalam container tersebut. Caranya :
  1. Buka kembali TrueCrypt Anda dengan Flashdisk masih tertancap dikomputer Anda.
  2. Klik menu Volumes dan pilih Select File... kemudian browse dan pilih file container yang telah dibuat tadi (misalnya drive H:\Flashdisk\ Encrypt Container) (1). Kemudian pilih dari drive letter yang berisi partisi drive yang belum digunakan pada komputer kita (misalnya kita memilih drive O) (2), lalu klik tombol Mount (3). (klik di sini untuk melihat screenshot).
  3. Masukkan password Anda tadi, saat membuat file container lalu klik OK.
  4. Selanjutnya file Container akan muncul di drive O.
  5. Sekarang buka Windows Explorer Anda, maka akan ada satu partisi drive lagi bernama Local Disk O. Kemudian masukkan data – data penting Anda di drive tersebut secara langsung (copy – paste).
  6. Jika sudah, close Local Disk O lalu kembali ke TrueCrypt. Klik drive O, lalu klik Dismount.
  7. Klik Exit untuk menutup jendela TrueCrypt.

Category :

0 comments: