Jumat, 08 Juli 2011

Membuat File Bootable ISO (CD Installer) Windows XP Menggunakan nLite !


2
Membuat backup CD installer Windows XP ternyata tidak semudah seperti yang dibayangkan. Kita tidak bisa begitu saja menyalin isi dari CD installer Windows XP yang akan digandakan kemudian menyimpannya pada harddisk komputer dan lalu membakarnya lain waktu ke keping CD baru menggunakan Nero. Jika itu yang kita lakukan, tentu CD installer Windows XP yang baru saja diciptakan tadi takkan bisa digunakan seperti halnya CD installer Windows XP aslinya. Ini dikarenakan isi dari CD installer Windows XP baru tersebut belum mendukung bootable ISO.
Ada banyak software menawarkan kemampuan untuk membantu kita membuat file biasa menjadi file ISO, katakanlah PowerISO, UltraISO, imgBurn atau bisa juga menggunakan Alcohol 120% ataupun Daemon Tools. Namun pada tutorial kali ini, kita hanya berbicara tentang cara membuat file ISO menggunakan nLite.  Sebuah program freeware dari Dino Nuhagic yang memang diperuntukkan untuk membuat setup installer Windows XP.

Sebelum memulai tutorial adakalanya Anda download file installer nLite-nya terlebih dahulu di sini kemudian pasang dikomputer Anda.

Adapun cara membuat file ISO menggunakan nLite adalah :
  1. Copy isi CD installer Windows XP kemudian paste pada folder baru dan beri nama (misalnya : WindowsXP)
  2. Jalankan nLite, pilih bahasa yang sesuai (atau lebih baik tetap dalam bahasa Inggris) kemudian klik tombol Next.
  3. Pada jendela Locating the Windows Installation. Tekan tombol Browse lalu cari folder tempat Anda menyimpan file installer Windows XP (lihat step 1) dan klik Next. Lihat Screenshot.
  4. Tampil jendela Presets. Abaikan dan tekan Next.
  5. Jendela Task Selection. Pilih opsi Bootable ISO lalu Tekan Next. Lihat Screenshot.
  6. Pada Jendela Bootable ISO. Pilih Mode : Create Image, klik tombol Make ISO kemudian pilih tempat dimana Anda akan menyimpan file ISO Windows XP, beri nama (misalnya : ISO WindowsXP) dan klik tombol Save. Lihat Screenshot.
  7. Tunggu proses pembuatan file ISO Windows XP selesai.
  8. Terakhir klik Finish
  9. Nah, sekarang Anda bisa membakar file ISO Windows XP ke keping CD baru.

NOTES : 

Alternatif lain, Anda bisa membakarnya langsung (file Windows XP Anda) ke keping CD baru – tanpa membuat file ISO-nya terlebih dahulu. Caranya : (Dalam keadaan CD blank telah di masukkan ke CD-ROM) Pada jendela Bootable ISO (step 6), pilih Mode : Direct Burn dan set Burn speed ke kecepatan yang paling rendah, centang Verify lalu tekan tombol Burn. Lihat Screenshot.

Category :

2 comments:

  1. Terima kasih banyak gan, udah capek kesana kesini baru disini gue nemu, mantaap bro....

    BalasHapus
  2. manfaat banget ...makacih infone.
    templatenya juga bagus. bisa di share?

    BalasHapus