Senin, 20 Juni 2011

Mengendalikan Komputer dari Jarak Jauh (Remote Control) Menggunakan Ponsel Melalui Koneksi Bluetooth - TUTORIAL


3
Apakah Anda suka mendengarkan musik melalui Winamp sambil tiduran, sementara merasa malas untuk bangun dan mengganti lagu? Atau presentasi menggunakan powerpoint dan membawakannya sendiri namun tidak punya alat pointer untuk memperjelas apa yang Anda sampaikan? Mobile Witch Remote Control membantu Anda mengatasi keterbatasan itu. Ini memungkinkan Anda mengontrol komputer dari jarak jauh (remote) menggunakan handphone melalui koneksi Bluetooth.


Aplikasi freeware ini menyediakan  3 perintah untuk mengendalikan PC dari jarak jauh, yaitu : Mouse mode (menjalankan mouse lewat ponsel), Keyboard mode (mengendalikan keyboard dengan ponsel), Application mode (mengontrol jarak jauh aplikasi komputer yang berjalan). Sedangkan Utilities berfungsi menjalankan Command Prompt serta mengirimkan pesan ke komputer server yang di kendalikan.

Mobile Witch Remote Control terdiri dari 2 bagian aplikasi, server (komputer) dan klien (handphone). Aplikasi pertama (berbentuk .exe) perlu diinstall pada komputer dan bertindak sebagai server sedangkan aplikasi kedua (berekstensi .jar) harus dipasang pada ponsel dan bekerja sebagai klien. Agar dapat bekerja, ponsel harus mendukung bluetooth JSR 82 dan komputer perlu dipasangi dongle Bluetooth.

Adapun fitur Mobile Witch Remote Control :
  • Mengontrol jarak jauh (Remote) Mouse, Keyboard, PowerPoint, Winamp, Windows Media Player dan banyak lagi.
  • Mengakses desktop menggunakan ponsel.
  • Setup Bluetooth bebas! Cukup terhubung dari ponsel.
  • Ubahsuaikan aplikasi melalui keymaps atan VB dan JScripts.
  • Mendukung semua aplikasi berbasis Bluetooth, PC Bluetooth solutions Toshiba, Windows, BlueSoleil dan Widcomm/Brodacom.

Silahkan download  aplikasi Mobile Witch Remote Control (.exe) yang berukuran sekitar 6.44 MB.

Cara Pakai :

1. Saat instalasi berakhir. Pasang dongle Bluetooth ke PC dan aktifkan Bluetooth ponsel kemudian Jalankan aplikasinya. 
2. Setelah software dijalankan. Sekarang transfer aplikasi untuk dipasang pada ponsel Anda. Cari aplikasi java (berekstensi .jar) yang sudah dijadikan satu paket dengan Mobilewitch Bluetooth Remote Control di C:\Program Files\ Mobilewitch Bluetooth Remote Control. Kemudian cari file java yang sesuai dengan ponsel Anda (terdapat 2 aplikasi, satu file .jad dan satunya lagi mobile desktop).

3. Setelah aplikasi terpasang pada ponsel. Jalankan Mobilewitch Bluetooth Remote Control pada ponsel. Kemudian secara otomatis aplikasi mengarahkan ponsel mencari perangkat bluetooh komputer Anda.
4. Setelah perangkat Bluetooth komputer Anda ditemukan/terkoneksi. Screenshot akan seperti dibawah ini.
5. Kemudian tampilan akan berganti seperti berikut.
6. Penginstalan selesai.

Untuk ponsel Nokia, setelah Mobile Witch Remote Control terinstall PC Suite secara otomatis akan mengenal dan menanyakan untuk menginstall aplikasi pada ponsel Anda.

Category :

3 comments:

  1. untuk hp nokia 7610 koq gk bisa jalan,

    BalasHapus
  2. Instal di nokia n82 tidak suport, trus instal di hp bluberry juga tidak support

    BalasHapus