Rabu, 29 Juni 2011

Cara Memainkan Game Football Manager (FM) Tanpa CD


14
Football Manager – atau biasa dipanggil FM saja mengharuskan kita memainkannya bersama dengan CD game tetap terpasang pada DVD-ROM. Hal ini berlaku jika CD game Football Manager tersebut bukan CD game original (baca: bajakan). Memainkannya bersama dengan CD game tetap terpasang pada DVD-ROM tentu bukan ide baik, apalagi jika kita berencana memainkannya untuk jangka waktu yang cukup lama. Bisa – bisa terjadi masalah nantinya pada CD game maupun perangkat DVD-ROM kita.


Adapun solusi agar dapat memainkan Football Manajer tanpa harus memasang CD game pada DVD-ROM adalah dengan membuat virtual CD image dari CD game Football Manager kita. Sementara itu cara untuk membuatnya kita memerlukan bantuan software emulator seperti Alcohol 120% atau Daemon Tools. Kedua software tersebut, pada prinsipnya bekerja mengemulasi dirinya menjadi sebuah perangkat DVD-ROM virtual sehingga nantinya sistem operasi akan mengenali adanya perangkat DVD-ROM baru meski kenyataanya perangkat DVD-ROM tersebut tak pernah ada.

Nah, pada tutorial kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat virtual CD Image menggunakan Alcohol 120%. Tetapi sebelum itu, beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi adalah :
  1. Seperangkat komputer (tentu saja). Pastikan komputer telah memenuhi persyaratan sistem yang diperlukan untuk memainkan game Football Manajer.
  2. CD game Football Manajer. Kloning CD game Football Manajer – jika Anda meminjam atau menyewanya (untuk cadangan) kemudian install di komputer.
  3. Software Alcohol 120%. Jika masih belum mempunyai satu dirumah, silahkan download Alcohol 120% (full serial) lalu pasang di komputer.

Langkah membuat virtual CD image menggunakan Alcohol 120% :
  1. Masukkan CD game Football Manajer pada DVD-ROM dan tunggu sampai CD game terbaca.
  2. Setelah itu jalankan Alcohol 120%.
  3. Pada bagian Main. Pilih Image Making Wizard lalu klik tombol Start untuk membuat file Virtual CD Image (berekstensi .mds).
  4. Tunggu hingga proses pembuatan file Virtual CD Image berakhir.
  5. Selanjutnya untuk menjalankan file Virtual  CD Image, jalankan lagi Alcohol 120% kemudian pada bagian Device, klik kanan tulisan dibawah Virtual DVD/CD-ROM lalu pilih Mount Image… dan browse ke C:\Users\...Nama Pengguna…\Documents\Alcohol 120%.
  6. Nah, sekarang mainkan Football Manajer tanpa CD game.

Notes :
  • Jika Anda mempunyai beberapa game yang ingin dibuat Virtual CD Image-nya, silahkan buka Alcohol 120% kemudian pada bagian Options beri pilihan Virtual Drive lalu pada Number of Virtual Drive pilih sesuai dengan jumlah game.
  • Disarankan setelah memainkan game Football Manager, silahkan kembali ke Alcohol 120% kemudian pada bagian Device, klik kanan tulisan dibawah Virtual DVD/CD-ROM lalu pilih opsi Eject (Ctrl + J) untuk menghentikan Alcohol 120% membaca Virtual CD Image. Jika ingin menggunakannya lagi, pilih opsi Load (Ctrl + L).
  • Tips ini tidak hanya berlaku untuk game Football Manager saja melainkan game – game lainnya.

Category :

14 comments:

  1. thanks gan buat infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Oke gan, makasih juga telah berkunjung.

    BalasHapus
  3. gan kalau download gimana alchohol nya gimana terus biar gratis
    soalnya download dirumah saya banyak yang bajakan

    BalasHapus
  4. Mohon maaf saya kurang begitu paham tentang kata "download" seperti yang Anda maksudkan. Apakah maksudnya itu gamenya atau Alchoholnya? namun yang pasti, membuat file CD image menggunakan Alcohol 120% membutuhkan DVD fisik game yang sudah mendukung bootable ISO.

    BalasHapus
  5. haha masih ribet y?? dowload aja file exe crack nya :p tnggal main

    BalasHapus
  6. Memang sedikit ribet tapi akan sangat membantu seandainya kita masih belum menemukan crack-nya atau crack tidak dapat berfungsi baik.

    BalasHapus
  7. Misi gan, maap ne dikit kluar tema..
    Tolong bantu cara crack fm 2011 dong, soal'e mbeli cd'e yg bajakan ne.. Makasih banyak sblon'e..

    BalasHapus
  8. kalo buat mac gimana ya gan?? makasih

    BalasHapus
  9. gampang aja gan, copy crack kemudian replace di C:\\Program files\Sport Interactive\Football Manajer 2011

    BalasHapus
  10. @Reza : waduh gan, kayaknya saya gak bisa jawab dech ? soalnya saya pake Windows nih. mohon maaf kami gak bisa bantuin masalah Anda.

    BalasHapus
  11. tetep kaga bisa dia minta disk'a

    BalasHapus
  12. Masak sih gan?! mungkin waktu buat file iso dari CD FM-nya gak sukses. Oke, ntar aku kirim posting yang lebih gampang.

    BalasHapus
  13. klo pake daemon caranya gmn?

    BalasHapus
  14. Ajib gan alcholol 120 nya..jdi bsa maen fm tanpa kaset. Thx gan ats info nya gan

    BalasHapus