Kamis, 19 Mei 2011

Mengatasi File/Folder Access Denied (Tidak bisa diakses) Windows 7 atau Vista.


14
Adakalanya, mungkin saja kita (sebagai pengguna Windows 7) pernah mengalami masalah ketika mendapati file dari komputer lain atau dari internet yang terkadang file tersebut tidak dapat di akses (buka, copy, atau hapus), kemudian memunculkan pesan Acces is denied, meskipun sebelumnya kita telah masuk dengan hak akses sebagai Administrator.


Apa yang menyebabkan hal ini terjadi ?

2 edisi terakhir, setelah Windows XP – Vista dan Windows 7, menerapkan tingkat keamanan yang lebih dibandingkan dengan edisi – edisi Windows sebelumnya. Salah satunya adalah adanya fungsi keamanan, kontrol akses terhadap file atau objek tertentu di komputer. Hal ini bertujuan untuk lebih mengamankan komputer terhadap pengguna tidak berhak untuk mengakses file/objek tersebut. Hanya pengguna yang sudah diberikan izin saja bisa mengaksesnya.

Jadi , ketika kita suatu saat mendapatkan file dari luar PC kita (komputer lain atau internet) dan kita tidak dapat membukanya, menyalin, atau bahkan menghapusnya, bisa jadi – kemungkinan besar file ini tidak mempunyai user atau group yang mengizinkan untuk mengaksesnya.

Untuk memeriksanya, kita bisa klik kanan pada file ini, pilih Properties kemudian lihat tab Security. Apakah pada kotak Group or user names : tertulis “No groups or users have permission to access this object. However….”? Jika iya, maka perkiraan kita tadi benar adanya.

Bagaimana cara mengatasinya ?

Mengatasi permasalahan tersebut, maka kita harus memberi hak akses pada file atau objek yang belum diberi izin tersebut. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan, yaitu melakukan konfigurasi manual melalui settingan Windows atau bisa juga melalui modifikasi pada registry.

Cara Manual
  1. Klik kanan pada file, lalu pilih Properties dan buka tab Security.
  2. Kemudian klik tombol Edit untuk menampilkan pengaturan Security.
  3. Klik pada tombol Add kemudian fokus pada Enter the object names to select (examples).
  4. Kemudian pada kotak dibawahnya tuliskan everyone dan klik OK.
  5. Setelah ditambahkan pengguna, selanjutnya atur hak akses yang akan diberikan, dengan cara mencentang kotak Allow dan Deny pada Permission for Everyone. (misalnya, Full control, Modify, Read & executable, dan sebagainya).
  6. Semua sudah? Tinggal klik Apply dan OK.

Editing Registry

Dengan melakukan modifikasi pada registry, berarti kita akan mengambil alih hak akses file tersebut (take ownership). Adapun caranya adalah :

Buka Notepad, kemudian copy – paste baris teks berikut dan simpan dalam ekstensi .reg. (misalnya, take-ownnership.reg)

Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell\runas]
@=”Take Ownership”
“NoWorkingDirectory”=”"
[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell\runas\command]
@=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” && icacls \”%1\” /grant administrators:F”
“IsolatedCommand”=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” && icacls \”%1\” /grant administrators:F”
[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\runas]
@=”Take Ownership”
“NoWorkingDirectory”=”"
[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\runas\command]
@=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” /r /d y && icacls \”%1\” /grant administrators:F /t”
“IsolatedCommand”=”cmd.exe /c takeown /f \”%1\” /r /d y && icacls \”%1\” /grant administrators:F /t”

Setelah Anda simpan file tersebut dengan ekstensi REG, selanjutnya jalankan file dengan cara klik ganda kemudian klik Yes. Untuk melakukan pengecekan (apakah file REG tadi berjalan lancar), klik kanan sebuah file (apa saja) kemudian kita akan mendapati opsi menu baru bernama Take Ownership.

Jadi, saat kita menemui file tanpa hak akses tadi, kita tinggal klik kanan pada file tersebut lalu pilih Take Ownership untuk memberikan Administrator hak penuh mengakses file.

Category :

14 comments:

  1. kk aku punya masalah dengan laptopku

    gini waktu itu aku mencari keygen di google terus dapet download sudah tuh aku klik 2x tapi rupanya virus dideteksi oleh smadav dan avast, setelah tuh 2 AV tersebut kuperintahkan untuk fullscan setelah fullscan Avast menawarkan scanboot lalu restart setelah restart laptop ku kembali hidup pas hidup langsung di scan setelah selesai scan boot baru masuk ke windows7 tapi kok gadgets ku ( seperti monitor RAM ) rusak atau berubah aneh kenapa dan apa solusinya plis kk :(

    BalasHapus
  2. Coba non aktifkan UAC (user account control).

    BalasHapus
  3. Thank you, file-ku bisa dibuka kembali, tapi beneran mesti ngelakuin langkah tersebut untuk per file-nya sedangkan filesku ribuan. Aku coba terapkan utk di folder, tapi kok gak bisa yaa?

    BalasHapus
  4. wahhh keren nih, ane udh mencari selama 4 hari masalah ini dan akhirnya berhasill thx sob :)

    BalasHapus
  5. Sama2 gan. Syukurlah bisa memberi manfaat buat Anda.

    BalasHapus
  6. alhamdullilah trimakasih kk...sudah bisa kebuka file c ku,...semoga kk mendapatkan barokah,rejeki,kesehatan,aminn,...txz kk

    BalasHapus
  7. maksudnya reg apaan ???

    BalasHapus
  8. kalo buat buka bot zynga bisa gak ???

    BalasHapus
  9. waktu aq klik 2x file exe muncuk ya dan tidak nah setelah itu muncul lagi windows tidk bisa mengkses ,anda mungkin tidak memiliki izin yang tepar ,setlah itu muncul lagi "berkas ini tidak memiliki program di asosiasikan dan ...... Kurang lebih gitu gan,kalau ,tolong bantuanya..??? Kalau

    BalasHapus
  10. tanya dong , saya punya masalah pc komputer tidak respon jika di tekan file yang ada di deskstop bisa klik tetapi proses buka file loadnya lama , dan ketika saya arahkan cursor ke star untuk shoutdown tidak respon sama sekali , itu karena apa yah ,kebetulan anti virus kami Kapersky ori selalu muncul dan minta di reboot terus.
    apakah bisa bantu solusinya.

    BalasHapus
  11. tanya dong , saya punya masalah pc komputer tidak respon jika di tekan file yang ada di deskstop bisa klik tetapi proses buka file loadnya lama , dan ketika saya arahkan cursor ke star untuk shoutdown tidak respon sama sekali , itu karena apa yah ,kebetulan anti virus kami Kapersky ori selalu muncul dan minta di reboot terus.
    apakah bisa bantu solusinya.

    BalasHapus
  12. tetap sja, ane udah lakuin tp aku begini adanya,, "FILE ACCESS DENIED" Hehe :'(

    BalasHapus
  13. Terima kasih gan, ilmunya sangant bermaanfaat. Masalah yang membuat aku pusing selama satu minggu akhirnya terpecahkan

    BalasHapus
  14. tanya gan,, di kompi ane (komputer perusahaan)
    itu gak bisa instal program / software apapun.. gw udah nyoba dd user administrator lewat CMD dan ga bisa,,
    gw import reg. untuk take ownership acces denied gw ke folder c/documentand setting/administrator ga bisa akses bisa bantuin gan,, supaya gw bisa punya akses sbg administrator.. kya nya ada yg ngerjain komputer gw

    BalasHapus